Artikel Santrimsbs

Ekspetasi Dan Realita

MSBS ACEH-Dalam kehidupan, tentunya kita memiliki banyak sekali impian yang sudah kita susun sematang mungkin. Ada banyak list yang sudah kita susun untuk mewujudkan impian kita tersebut. Sangat mustahil jika seorang manusia tidak memiliki impian dan harapan apapun. Sejatuh apapun seorang manusia, pastinya dia masih memiliki sebuah impian yang akan mampu untuk memotivasi dirinya sendiri untuk bangkit menjadi lebih bersemangat lagi.

Namun apakah semua itu akan terwujud sesuai dengan ekspetasi yang telah kita susun? Kemungkinan besar ada. Tetapi kita mungkin akan sangat kecewa disaat kita mengetahui jika hal itu sangat jauh berbeda dengan list yang telah kita buat. Pastinya itu sangat banyak terjadi dalam kehidupan kita. Bahkan terkadang, akan langsung membuat kita down hingga akhirnya malas lagi untuk kembali melakukan usaha agar bisa mendapatkan impian kita tersebut.

Haruskah kita marah? Jika marah adalah jawaban, maka kepada siapakah kita akan marah? Karena pada dasarnya, Tuhan dan semesta lebih berhak untuk mewujudkan realitanya, walaupun ada benarnya jika Sang pencipta lebih tau jika kita memang sangat mengharapkan hal tersebut. Kita memang memiliki harapan, tetapi semesta lebih mengerti apa yang terbaik untuk kita. Terkadang memang sulit untuk menerimanya, tapi akan lebih tidak mungkin bagi kita untuk menolaknya. Kita tidak memiliki kuasa apapun untuk menangkal realita mengecewakan yang akan kita dapatkan.

Untuk mengatasi rasa kecewa tersebut, kita harus berhati-hati dalam berekspetasi agar rasa kecewa yang kita rasakan tidak terlalu dalam, sehingga tidak mempengaruhi semangat kita untuk selanjutnya. Boleh kecewa, tapi jangan terlalu dalam. Selalu berusaha untuk meyakinkan diri kita sendiri bahwa akan ada hal yang lebih baik dari apa yang kita ekspetasikan. Kita tidak gagal, melainkan hal itu belum pantas untuk kita dapatkan hari ini, tapi mungkin suatu saat nanti. Ingin percaya atau tidak, namun hal itu sudah mutlak terjadi. Jadi jangan pernah menyerah, banyak hal luar biasa yang masih  menunggu kita digaris finish.

 

**karinput

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button