Cerita Santri MSBSKemandirian MSBSQuality AssuranceSERBA-SERBI SANTRI
Trending

MSBS Melatih Santri Hidup Hemat

MSBS ACEH-Salah satu ciri-ciri santri MSBS adalah menerapkan budaya hidup hemat di kesehariannya. Baik itu hemat uang, hemat air, hemat listrik dan lain-lain. Bukan tanpa alasan santri MSBS membiasakan untuk berhemat. Ini bertujuan untuk melatih dalam hal menahan diri dari sesuatu yang berlebihan.

Hemat adalah mempergunakan sesuatu secukupnya. Tidak berlebihan. Hemat itu sendiri bertentangan dengan boros. Yang mempergunakan sesuatu secara berlebihan dan kelewat batas.

Dengan membiasakan diri berhemat dalam segala hal. Dapat membentuk karakter yang baik dan positif. Terutama dalam membelanjakan uang. Tidak membeli sesuatu karna keinginan semata. Melainkan karna kebutuhan.

Seperti halnya Nurkhaira, yang membiasakan dirinya berhemat dalam banyak hal semenjak keals 1 SMP. Yaitu semenjak pertama masuk ke MSBS. Terutama dalam menggunakan uang dan air serta listrik.

“Membiasakan diri disiplin dan menahan diri. Terus memisahkan yang mana kebutuhan dan keinginan. Biar tidak boros. Kalau jajan maksimal 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Sisanya ditabung.” Ujar siswi asal samahani tersebut.

“Alasan lain karna kedepannya ingin membeli sesuatu dengan uang hasil simpanan sendiri. Tidak minta sama orangtua lagi.” tambahnya.

Tidak rugi bukan dengan membentuk karakter hemat? Kita akan banyak dapat manfaat dari berhemat dalam hal apapun. Memang awalnya sulit, tapi lama kelamaan akan terbiasa dan kamu senang melakukannya.

**FathinH

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button