KepesantrenanQuality AssuranceSERBA-SERBI SANTRI
Trending

Jum’at, Waktunya Baca Yasin dan Al-Kahfi

MSBS ACEH-Hari Jum’at adalah hari yang sangat mulia, dimana amal-amal di lipat gandakan pahalanya. Di Muamalat Solidarity Boarding School (MSBS) para santri membaca surah Yasin dan surah Al-Kahfi. Hal ini dikarenakan kedua surah tersebut mengandung banyak sekali fadhilahnya.

قَدْ أَخْرَجَهُ الْحَاكِمُ فِي مُسْتَدْرَكِهِ عَنْ أَبِي بَكْرٍ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُؤَمَّلِ، حَدَّثَنَا الْفُضَيْلُ بْنُ مُحَمَّدٍ الشَّعراني، حَدَّثَنَا نُعَيم بْنُ حمَّاد، حَدَّثَنَا هُشَيْم، حَدَّثَنَا أَبُو هَاشِمٍ، عَنْ أَبِي مِجْلَز، عَنْ قَيْسِ بْنِ عُبَاد، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: ” مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: Imam Hakim di dalam kitab Mustadrak-nya telah mengetengahkan­nya dari Abu Bakar Muhammad ibnul Mu-ammal, bahwa telah mencerita­kan kepada kami Al-Fudail ibnu Muhammad Asy-Sya’rani, telah menceri­takan kepada kami Na’im ibnu Hammad, telah menceritakan kepada kami Hasyim, telah menceritakan kepada kami Abu Hasyim, dari Abu Mijlaz, dari Qais ibnu Abbad, dari Abu Sa’id, dari Nabi Saw. yang telah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka memancarlah cahaya baginya sejak mulai membacanya sampai Jumat berikutnya.

Syifaun Nadia santri kelas XII asal Gayo Lues berpendapat bahwa dengan membaca Al-kahfi dan surah yasin pada hari jum’at dengan rutin akan sangat membantu santri MSBS memiliki jiwa percinta Al-Qur’an.

“Dengan membiasakan diri membaca surah yasin dan Al-Kahfi pada hari jum’at secara rutin akan menumbuhkan generasi cinta Al-Qur’an dari MSBS. karna membaca surah juga sangat banyak fadhilahnya.” ujarnya.

Seperti yang diketahui surah yasin juga memiliki banyak sekali hikmah. Apalagi kita membacanya pada hari jum’at. Pahalanya akan dilipat gandakan. Mari kita membaca surah yasin dan Al-Kahfi pada hari jum’at dengan rutin agar kita mendapat hikmah hari Jum’at seperti yang dilakukan santri MSBS.

**Syifaun Nadia
Editor: Akhs3a

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button