msbs

*Upaya MSBS Dalam Menagih Tunggakan Iuran Bulanan Santri*

Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP)  dan Uang Makan Santri menjadi hal krusial dalam menjalankan sebuah Pesantren, jika masih mengalami kesulitan pada pembayaran tentunya sangat berpengaruh pada berjalannya kegiatan di Pesantren. Pesantren Muamalat Solidarity Boarding School (MSBS) terutama bagian Keuangan MSBS saat ini terus melakukan hal terbaik dalam hal tersebut karena menagih SPP dengan baik diantaranya memerlukan pendekatan yang profesional, sopan, dan tepat waktu. Berikut adalah beberapa cara yang biasa kami lakukan:

  1. Kirim Pengingat Tertulis
    -Mengirim surat pengingat resmi, baik melalui email, WhatsApp, atau platform komunikasi lain yang biasa digunakan Wali Santri
    -Menyertakan informasi yang jelas tentang jumlah yang harus dibayar, tenggat waktu, dan metode pembayaran yang tersedia.
  1. Gunakan Sistem Pembayaran Digital :
    Kami memanfaatkan aplikasi atau sistem pembayaran online yang memudahkan orang tua dalam melakukan pembayaran, diantaranya : Cards, transfer rekening Bank, Mobile Banking dll untuk memudahkan Wali Santri dalam melakukan transaksi dan Wali Santri harus konfirmasi ke bendahara agar terdokumentasi dengan baik (nomer hp terlampir).
  1. Memberikan Peringatan Secara Bertahap :
    -Jika pembayaran belum dilakukan, kami mengirimkan pengingat tahap kedua yang lebih tegas namun tetap sopan.
    -Menyampaikan konsekuensi bila pembayaran terlambat (misalnya, denda atau pembatasan layanan pendidikan tertentu), tapi kami pastikan tetap disampaikan dengan cara yang baik.
  1. Personal Approach/Pendekatan Personal :
    -Menghubungi secara langsung melalui telepon atau bertemu dengan orang tua/wali murid jika tagihan belum dibayar dalam jangka waktu lama.-Menawarkan solusi atau rencana pembayaran bertahap jika mereka mengalami kesulitan finansial.
  1. Kami Mencoba Tetap Sopan dan Pengertian :
    -Mengusahakan tetap menjaga komunikasi yang baik dan penuh pengertian, terutama jika ada alasan tertentu mengapa pembayaran tertunda.
    -Bersikap empati dapat membantu membangun hubungan yang lebih baik dan mendorong penyelesaian pembayaran secara sukarela.
  1. Menjadwalkan Pengingat Berkala :
    -Membuat jadwal pengingat rutin setiap bulan agar orang tua/wali tidak lupa tentang kewajiban SPP.
  1. Memberi Diskon
    -kami mempertimbangkan memberikan diskon bagi mereka yang membayar tepat waktu atau di awal tahun ajaran (melakukan pembayaran sekaligus 3 bulan ke atas)*

    *Syarat dan ketentuan berlaku

Bapak/Ibu dapat melaporkan jika sekiranya dalam penagihan kami belum sesuai dengan ketentuan di atas. Kami terus berupaya melakukan pendekatan yang ramah dan profesional dalam menagih SPP/Uang Makan demi meningkatkan peluang pembayaran tepat waktu dan menjaga hubungan baik dengan orang tua/wali murid. 

 

Oleh. Bendahara MSBS

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button