Artikel Santri

Jangan Pernah Merasa Kesepian Dalam Kebaikan.

MSBS ACEH- Pernahkah kalian merasa segalanya sekarang sudah berangsur-angsur berubah? Pernahkah kalian ingin keluar dari situasi asing?

Ingin sekali kukatakan bahwa keadaan sudah berbeda. Sekarang semua sudah tidak baik-baik saja. Banyak hal yang terjadi dan mengubah segala sesuatu yang telah ditentukan.

Dari sekian banyaknya perubahan, berkurangnya adab adalah perubahan yang paling aku benci. Sekarang, tidak ada lagi pemandangan akan seorang anak yang menunduk Ketika berjalan melewati orang dewasa. Tidak ada lagi pemandangan akan seseorang yang berbicara lembut dan sopan. Yang ada hanyalah bentakan yang dilontarkan seorang anak kepada orang tuanya, seorang teman terhadap teman lainnya, dan sekelompok manusia terhadap kelompok manusia lainnya. Semua itu sudah menjadi pemandangan kita setiap harinya dalam menjalani kehidupan.

Ingin mengubah semua itu, tapi apalah daya kita sebagai seorang makhluk yang kodratnya memang terlahir lemah.

Memang kita tidaklah bisa mengubah mereka, namun kita bisa mengubah diri kita menjadi pribadi yang lebih baik seperti yang kita inginkan. Jangan pernah pikirkan apa kata orang lain selagi kita berpikir bahwa yang kita lakukan adalah hal yang benar. Saat semuanya sudah tak seperti biasa, maka terbiasalah tanpa semuanya. Adakalanya kesendirian itulah awal dari kehidupan baru. Seperti seorang ulama tak bersalah yang dijebloskan ke dalam penjara, namun di dalam sana beliau memanfaatkan kesendiriannya dengan mengarang beberapa kitab yang ternyata kitab tersebut menjadi pedoman bagi banyak manusia.

Jangan malu untuk sendiri, karena kesendirian itu bukanlah arti dari kesepian, melainkan sebuah Langkah untuk menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan bagi orang yang berusaha mengubah hidupnya.

Lebih baik hidup tanpa teman jika teman dapat membawamu ke dalam kemaksiatan. Carilah teman terbaik yang dapat membuatmu mengingat akan tuhan dan kematian, serta teman tangis bila mengingat akan dosa.

 

**Zhaisa

Pesantren Teknologoi MSBS Adalah pesantren terbaik seaceh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button