Cerita Santri MSBSKegiatan Tahunan

Santri MSBS Ikuti Keseruan Tradisi Meriam Bambu

MSBS ACEH-Terdapat macam Ragam Tradisi dan Kebiasaan bagi Masyarakat dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri. Seperti Tradisi Meriam bambu yang dilakukan oleh warga kawasan Garot, Kecamatan Indra Jaya, Pidie, Aceh, Kamis (11/4/2024).

Meriam bambu tersebut terbuat dari batang bambu pilihan atau pipa paralon yang berukuran raksasa disusun berjejer di tepian sungai Garot layaknya panggung Perang.

Suara dentuman Meriam terdengar saling bersahutan. Hingga menarik sejumlah warga datang untuk mendengar atau merasakan langsung suara dari Meriam Bambu. Hingga sepanjang jalan dipenuhi dengan kendaraan masyarakat yang datang ingin melihat festival Meriam bambu tersebut.

Naurah Rizqina Rahyu, Santri MSBS yang sedang mudik ke Kampung halamannya di Garot, sembari merayakan Idul Fitri bersama sanak kerabat. Ia mengungkapkan betapa meriahnya festival Meriam Bambu pada tahun ini.

Seperti diketahui, permainan Meriam Bambu ini rutin digelar dan sudah menjadi Tradisi Budaya turun-temurun Masyarakat Aceh khususnya di wilayah Pidie dalam memeriahkan malem kedua Syawal atau tepatnya Hari Raya kedua Idul fitri.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button