karya santriQuality AssuranceSyahrul Qur’an

Suasana Ngabuburit Santri MSBS Di Banda Aceh

MSBS ACEH-Tradisi ngabuburit di Indonesia biasa dilakukan selama bulan Ramadan. Ngabuburit merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut kegiatan yang dilakukan pada sore hari dalam rangka menyambut waktu berbuka puasa yakni waktu menjelang azan Magrib.

Seiring perkembangan zaman, ngabuburit pun menjadi tren dan tradisi tersendiri oleh masyarakat Indonesia sampai sekarang. Kegiatan ngabuburit biasa dilakukan pada saat sore hari menanti \waktu buka puasa sambil menunggu azan Magrib.

Tradisi ngabuburit di Indonesia sangat beragam yang biasa diisi dengan berbagai macam kegiatan salah satunya adalah Berburu Takjil.

Berburu takjil atau hidangan untuk berbuka puasa merupakan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia dari berbagai daerah saat ngabuburit. Mulai dari berkeliling kota atau lingkungan tempat tinggal untuk membeli takjil hingga berburu takjil gratis.

Berbicara tentang takjil, masyarakat Banda Aceh sangat antusias dalam kegiatan berburu takjil. Jalanan setempat penuh dengan kendaraan yang berlalu lalang di tepi jalan raya terdapat banyak lapak yang siap menyambut kedatanganmu. Cuaca yang ekstrim akhir akhir ini tidak menjadi halangan untuk warga setempat. Biasanya, kita akan sulit menemukan takjil ketika waktu azan magrib akan tiba karena kebanyakan lapak yang telah habis barang dagangnya.

Tidak hanya itu, di sepanjang jalan kita akan bertemu dengan bebagai makanan yang akan menggugah selera, itu sebabnya penting untuk menyiapkan uang terlebih dahulu. Namun pada pecan ini lalu lintas terasa lebih padat. Faktor umunya biasanya karena kini kita telah tiba pada penghujung Ramadhan.

Semoga kita tidak terlewat momen momen indah yang ada di bulan Ramadhan,dan lebih antusias dalam meningkatkan ibadah kita di bulan Ramadhan ini.

“Di tengah gemerlapnya waktu berbuka, ada keheningan yang menyentuh jiwa. Selamat ngabuburit, jadikan setiap momen berharga!”

 

**Syifa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button