Pesantren TeknologiSMK Grafika MSBS Aceh

UKK SMK DKV MSBS Angkat Tema Corporate Identity

MSBS ACEH-Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Desain Komunikasi Visual (DKV) Pesantren Teknologi MSBS telah melangsungkan pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) pada siswa kelas akhir, sejak Kamis (15/2) dan telah berakhir pada Sabtu (17/2). UKK merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Tahun ini SMK DKV MSBS mengangkat tema Corporate Identity dengan berfokus pada Bidang Wisata dan Kuliner.

Santri SMK DKV MSBS Kelas XII sedang mendesain karya pada UKK tahun ajaran 2023-2024, dengan tema Corporate Identity

Kepala SMK DKV MSBS, Ust. Ridwan Maulana, Lc, dalam keterangannya menjelaskan, bahwa tujuan utama dari pelaksanaan UKK tahun ini adalah menggali keotentikan dan kreatifitas siswa melalui karya desainnya. Selain itu, tema wisata dan kuliner yang diangkat dalam UKK kali ini, juga sebagai motivasi dalam pengembangan brand dan UMKM lokal.

“Santri kita berasal dari berbagai daerah yang memiliki beragam kebudayaan baik dari segi kuliner dan begitu banyak jenis wisata didaerah masing-masing. Harapan kita, selain santri mampu menghasilkan karya yang orisinir, mereka juga bisa mempromosikan jenis wisata dan kuliner dari daerah mereka, melalui karya desain yang di presentasikan.” ungkap beliau.

Tahapan Pelaksanaan UKK di Pesantren Teknologi MSBS bagi Santri Kelas Akhir

Dalam tahapan pelaksanaan UKK di Pesantren Teknologi MSBS, mula-mula santri diminta untuk mendesain karya sesuai tema yang diberikan, termasuk mendeskripsikan berbagai bentuk dalam karya, seperti warna, font, emblem maupun unsur lain pada desain. Selanjutnya karya di export dan diprint untuk dipresentasikan. Pada tahap akhir, santri diminta mempresentasikan karya, dihadapan para Assessor. Tahun ini SMK DKV MSBS menggandeng Assesor dari Kampus Institut Seni Budaya (ISBI) Aceh, Bapak Rino Yuda, M.Sn, dibantu Assesor internal, yaitu kepala Prodi SMK DKV MSBS, Ust. Azzam Maududi, A.Md.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button