Club JurnalisInspirationmsbs

Jurnalis MSBS Dapatkan Materi Menulis Efektif

MSBS ACEH- Peserta jurnalis Pesantren Teknologi Muamalat Solidarity Boarding School (MSBS) dapatkan  materi tata cara menulis yang efektif dalam rangka pembelajaran pekanan dengan pemateri yang disampaikan oleh Ust. Satria Putra S.sos.I pada jum’at siang (15/09).

Materi menulis dengan efektif disampaikan langsung oleh Ust. Satria putra diruang VIP MSBS. Materi ini ditujukan untuk seluruh peserta jurnalis MSBS baik yang lama maupun yang baru. Dalam materi tersebut, Ust. Satria menjelaskan beberapa cara untuk membuat tulisan lebih efektif dan mudah untuk difahami oleh pembaca. Beliau berusaha menyampaikan materi tersebut dengan cara yang paling mudah agar para jurnalis tidak terlalu sulit untuk memahami materinya. Tidak hanya itu, setelah menjelaskan tentang materi, beliau juga langsung memberikan praktik membuat kalimat yang sesuai dengan materi yang baru saja dijelaskan.

Materi-materi yang disampaikan beberapa diantaranya adalah :

  1. Utamakan pembaca. Sebelum menjadi seorang penulis, kita juga harus menjadi seorang pembaca terlebih dahulu, agar kita bisa mengetahui apa selera pembaca.
  2. Penulisan efektif adalah komunikasi tertulis yang efektif. Maksudnya adalah, sebelum kita menulis,  kita perlu menanyakan pada diri kita sendiri untuk lebih memahami maksud dari tulisan yang akan kita sajikan.
  3. Gunakan kata sederhana dan kalimat yang pendek. Jangan gunakan duapuluh kata dalam satu kalimat jika kalimat tersebut bisa disajikan dalam sepuluh kata saja. Karena kalimat yang panjang hanya akan menghabiskan waktu pembaca
  4. Gunakan kalimat aktif. Tujuannya adalah agar tulisan kita tetap berkaitan antara satu kalimat dengan kalimat berikutnya.
  5. Hindari penggunaan jargon atau prokem. Jargon atau prokem adalah istilah atau kata yang hanya difahami oleh kalangan tertentu saja, sehingga jika kita banyak menggunakan jargon dalam sebuah tulisan, itu hanya akan menyulitkan para pembaca saja.
  6. Jangan gunakan kalimat yang berbunga-bunga atau kata yang terulang-ulang.
  7. Perhatikan tata bahasa. Tulisan yang efektif tidak akan menggunakan tata bahasa yang kacau, karena tujuan dari tulisan yang efektif adalah untuk mudah difahami oleh pembaca. Tata bahasa yang baik juga menggambarkan bahwa penulis itu adalah orang yang berpikir logis.

Dengan adanya materi ini, Ust. Satria berharap agar kedepannya karya tulisan dari jurnalis-jurnalis MSBS menjadi lebih berkualitas dan lebih efektif lagi agar bisa menjadi salah satu karya paling berkesan yang bisa diabadikan nantinya.

 

**karinput

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button