Artikel SantriInspirationSERBA-SERBI SANTRI

Tips Mempersiapkan Diri Sebelum Ujian

Belajar bukanlah tentang tindakan yang akan menguras tenaga, membosankan dan ilmu yang kamu dapat. It’s so much more than that.

“Ngapain buang-buang waktu buat belajar, kalo ujungnya tetep ga dapat peringkat.”

Bukankah suara-suara itu hadir Ketika kamu menerima rapor-mu semester lalu?, ucapan nyata yang keluar dari hati yang sedang putus asa. Benar saja detik-detik sebelum ujian adalah saat dimana, paling mendesak. Seakan itu harus berhasil, walau benar saja pada akhir yang tidak sesuai expetasi. You failed again.

Jelas, kamu butuh sebuah usaha kecil, yang menghasilkan hasil besar. Seperti, mengubah cara kamu belajar, atur waktu, dan melatih diri sendiri dengan soal. Berikut tips mempersiapkan diri untuk ujian:

  • Mulailah belajar lebih awal. Bacalah materi yang di jelaskan di kelas sejak jauh-jauh hari.
  • Bacalah catatan berisi materi yang akan di uji secara menyeluruh untuk menyegarkan ingatan dan menghafalkan materi yang sudah di jelaskan.
  • Catat materi secara lengkap. Jika kamu kurang mahir mencatat atau ada catatan yang kurang lengkap, bertanyalah kepada teman apakah kamu boleh meminjam buku catatannya.
  • Bertanyalah kepada guru apa saja materi yang akan di ujiankan.
  • Bacalah catatan kamu sambil dipelajari atu dipahami.
  • Bacalah pada panduan belajar dan ringkasan.
  • Baca bagian penting di dalam buku pelajaran.

Sekian tips untuk kamu yang sedang berada dalamdetik-detik ujian. Hadirkan dan hidupkan lagi mimpi-mimpi dan cita-cita, yang lama kamu pendam dalam keputusasaan, berlarilah dan nyatakan bahwa kamu bisa dalam ujian ini. Karena kamu sedang berpacu dengan semua orang dan bukan sendiri. Make sure you can this time.

 

**Amalul

Amalul Azhari

Amalul Azhari adalah Santri MSBS yang memiliki hobi menulis sejak Kecil. Ia bergabung dengan Club Jurnalis MSBS sejak November 2021 dan menjadi Jurnalis yang produktif menulis Artikel Santri di msbsaceh.com Tulisannya banyak berisikan motivasi dan pesan-pesan inspirasi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button